Are you PROTECTED?

Are you PROTECTED?

Find the solution in Indo Firex Expo & Forum

Mengenal Macam-Macam Alat Pemadam Kebakaran Beserta Fungsinya, Jangan Sampai Keliru

Senin, 13 April 2020

ebakaran rumah bisa terjadi tanpa diduga. Meskipun kamu sudah sangat berhati-hati dalam penggunaan perangkat yang menghasilkan api di rumah, bukan berarti kamu sudah aman dari kebakaran rumah.

Mencegah dan mengatasi kebakaran bukan hanya tanggung jawab Dinas Pemadam Kebakaran, kamu juga bisa ikut berperan dengan mulai dari menjauhkan barang-barang yang mudah terbakar, menggunakan listrik sewajarnya, bahkan membuat jalur evakuasi untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya musibah kebakaran seperti di rumah.

Selain itu, kamu juga perlu mengenal macam-macam alat pemadam kebakaran supaya tidak kebingungan saat harus menggunakannya, minimal tidak lagi keliru mengenai fungsinya. Berikut macam-macam alat pemadam kebakaran beserta fungsinya yang telah dirangkum merdeka.com dari agenpemadamapi.com pada Senin (13/4/2020).

1. Alat Pemadam Api Ringan

Alat Pemadam Api Ringan atau APAR merupakan alat pemadam kebakaran yang mudah untuk dibawa kemana-mana dan dapat dioperasikan oleh satu orang. Alat ini dilengkapi dengan Alat Ukur Tekanan (Pressure Gauge) yang memiliki fungsi untuk menunjukkan tekanan pada tabung. Hal demikian dapat membantu memudahkan kita untuk dapat mengontrol kinerja dari tabung pemadam.

Alat pemadam ini memiliki berat yang beragam dari 1-9 kg, sedangkan khusus untuk tabung pemadam api berisi carbon dioxide memiliki berat 2-7 kg. Adapun empat alat pemadam api ringan adalah foam, dry chemical powder, CO2 (carbon dioxide), dan clean agent.

2. Alat Pemadam Api Thermatic

Alat pemadam jenis ini merupakan alat pemadam api secara otomatis yang terpasang secara modular yang terdapat di plafon. Pemasangan dan banyaknya modul dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan ruangan yang akan dilindungi. Jenis alat pemadam ini akan secara otomatis berfungsi jika ada asap atau ada api yang menyala dan terdeteksi oleh sensor.

3. Hydrant

Alat pemadam api ini berfungsi sebagai sumber air untuk memadamkan api sesaat terjadinya kebakaran. Umumnya hydrant terletak di area tertentu di trotoar yang mana bentuk alat ini cenderung standar seperti bentuk alat pemadam kebakaran pada umumnya. Untuk perangkat penggunaan biasanya akan disambungkan ke fire hose.

4. Alat Pemadam Api Berat

Alat ini juga kerap disebut trolley yang memiliki roda, alat ini juga dilengkapi dengan regulator yang berfungsi untuk mengatur tekanan dari gas CO2/N2. Alat pemadam api ini umumnya ditempatkan di area pengisian bahan bakar. Untuk tabung pemadam api ini memiliki berat dari 20-80 kg dan harus dioperasikan oleh 2 orang atau lebih. Alat ini memiliki carbon dioxide berukuran berat dari 9-45 kg.

5. Alat Pemadam Api Portable

Alat pemadam kebakaran ini cenderung mudah dibawa kemana-mana karena berukuran kecil. Salah satu contohnya adalah fire stop atau alat pemadam api mini portable yang digunakan untuk memadamkan api kecil. Pada umumnya alat pemadam api ini memiliki berat 1-2 kg saja dan hanya dapat digunakan sekali alias sekali pakai.

© 2020 Indo Firex Expo & Forum. All Rights Reserved. Organised By PT Napindo Media Ashatama